Back To Top

Google+ Followers

Monday, 27 October 2014

Pengertian Disiplin

Blog Panduan Pembuatan Skripsi Pengertian Disiplin

Disiplin mempunyai makna yang luas dan berbeda – beda, oleh karena  itu disiplin mempunyai berbagai macam pengertian. Pengertian tentang  disiplin telah banyak di definisikan dalam berbagai versi oleh para ahli. Ahli  yang satu mempunyai batasan lain apabila dibandingkan dengan ahli lainnya.

Definisi pertama yang berhubungan dengan disiplin diantaranya  seperti yang dikemukakan oleh Andi Rasdiyanah (1995 : 28) yaitu kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu system yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku.
Dengan kata lain, disiplin adalah kepatuhan mentaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. 

Sedangkan Depdiknas (1992 : 3) disiplin adalah :
“ Tingkat konsistensi dan konsekuen seseorang terhadap suatu komitmen atau kesepakatan bersama yang berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai waktu dan proses pelaksanaan suatu kegiatan”.

Seirama dengan pendapat tersebut diatas, Hurlock (1978 : 82) mengemukakan pendapatnya tentang disiplin tersebut :

“ Disiplin merupakan cara masyarakat mengajar anak berperilaku moral yang disetujui kelompok”. 
Dari berbagai macam pendapat tentang definisi disiplin diatas, dapat diketahui bahwa disiplin merupakan suatu sikap moral yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai – nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai moral.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



Jangan Lupa di Like Ya

×